Literasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi digital dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis teks cerpen serta implementasinya dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik studi pustaka berupa hasil penelitian terdahulu serta teori-teori yang relevan dengan penelitian ini dan juga menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh informasi mengenai literasi digital dalam pembelajaran menulis cerpen di sekolah. Kesulitan utama dalam menulis ialah ketidakmampuan siswa menuangkan ide atau gagasannya ke dalam bentuk tulisan. Hal tersebut wajar karena siswa sangat jarang melatih keterampilan menulisnya secara langsung, terlebih kurangnya informasi, wawasan dan pengetahuan siswa dalam sesuatu yang akan ditulis. Dengan demikian guru sebagai pendidik yang berinteraksi secara langsung dengan peserta didik, harus mampu memanfaatkan gerakan literasi digital sebagai alat untuk meningkatkan pembelajaran menulis tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan menjadikan teknologi sebagai sarana untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Itu semua dapat dilakukan dengan menggunakan e-book atau novel digital sebagai referensinya.
Copyright (c) 2020 Sabiqah Sri Anani, Afnita Afnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.